Training Guru Kreatif

Pendidikan adalah salah satu unsur penting dari kehidupan. Tanpa pendidikan,  manusia tidak berarti apa-apa. Pendidikan yang baik bukanlah sekedar mengajarkan ilmu namun pendidikan juga merupakan pembentukan karakter manusia mulia yang berakhlaq dan mempunyai kepedulian terhadap sesama manusia dan alamnya.

Mengutip pidato Miriam Kronish, seorang Kepala Sekolah SD John Eliot 1988-2002 Needham, Massachusetts, Amerika Serikat-Sekolah terbaik di Amerika :

Masa depan pendidikan di Amerika ditentukan oleh sebuah kekuatan. Jika saja kami punya kekuatan, kekuatan tersebut adalah program utama di sekolah kami, yaitu Pelatihan Guru. Guru tidak hanya cukup membaca metode-metode belajar mengajar terbaru. Guru harus dilatih, seperti halnya actor atau penyair yang perlu berlatih.setelah itu, guru baru bisa mengajarkannya kepada orang lain. Guru professional adalah gelombang masa depan

Artinya, guru harus belajar. Guru bukan seorang sufi yang khusus mendapat ilmu laduni. Saat bekerja, guru harus punya waktu untuk terus belajar.

Seorang guru di Jepang bernama Oritawa menjadi figur yang sangat disenangi anak murid dan orangtuanya dengan gaya khas yang dimilikinya dalam mengajar membuat Oritawa menjadi bintang di sekolah tersebut. Tak khayal sekolah menjadi terkenal dan menjadi idaman setiap orang karena pemilik sekolah mampu menjadikan semua guru seperti sosok Oritawa.

Apa dan bagaimanakah sosok guru idaman sesungguhnya? Karakter seperti apa sehingga semua murid menyukai bahkan mencintai? Jika semua guru adalah guru idaman para murid maka sekolah adalah tempat yang paling menyenangkan dan menjadikan sekolah sebagai tempat pendidikan yang didambakan para orangtua.

Bersama inilah Jejak Jemari hadir menjadi mitra sekolah untuk memberi pelatihan guru kreatif agar  bersama-sama kita wujudkan generasi terbaik negeri.

 

Mengapa Harus Kreatif? 

  • Guru kreatif kaya akan ide
  • Cara mengajar guru kreatif dapat membantu sekolah menemukan ciri khas nya yang menjadi kebanggaan dari sekolah tersebut
  • Kreatifitas yang dimiliki guru akan menghemat biaya sekolah karena guru yang kreatif tahu cara memanfaatkan sesuatu dan menghindari penggunaan sesuatu yang kurang bermanfaat.
  • Guru kreatif akan terbangun kesadaran untuk terus belajar meningkatkan keterampilan mengajarnya, menghindari perselisihan sesama relasi kerja
  • Tidak terfokus pada dana dalam menciptakan karya

 

Materi Training Guru Kreatif 

Materi

1. Teknik Manajemen Kelas
2. Kesepakatan Kelas
3. Praktek Ground Rules Montessori 1
(Berlangsung 1 hari dari pukul 08.00 sd 16.00)

Paket 2
MOS – Masa Orientasi Siswa (teori dan praktek)
(Berlangsung 1 hari dari pukul 08.00 sd 16.00)

Paket 3
1. Lesson plan
2. Ice Breaking Pembelajaran
3. Praktek tema keluarga metode montessori
(Berlangsung 1 hari dari pukul 08.00 sd 16.00)

Paket 4
1. Motivasi pengembangan diri
2. Gaya Belajar siswa
3. Praktek Circle Time Montessori
(Berlangsung 1 hari dari pukul 08.00 sd 16.00)

Paket 5
1. Problem Belajar Siswa
2. Montessori Classroom
3. Praktek Dasar Stimuli Indera
(Berlangsung 1 hari dari pukul 08.00 sd 16.00)

Paket 6
1. Pemanfaatan Teknologi dan Internet sebagai media pembelajaran kreatif
2. Praktek pembuatan media pembelajaran kreatif
(Berlangsung 1 hari dari pukul 08.00 sd 16.00)

Paket 7
Training Metode Montessori. Training ini diselenggarakan dua hari pada tiap levelnya.
Level 1 Area Practical Life
Level 2 Area Sensorial
Level 3 Area Bahasa
Level 4 Area Matematika
Level 5 Area Culture

 

Dan masih banyak materi Training Guru Kreatif yang lain