Pondasi dan Observasi

Pondasi

Bagi yang belajar metode Montessori, ingat lah metode ini mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak sedang hanya melakukan checklist kegiatan. Tetapi kita sedang membangun perspektif tentang pendidikan, manusia, dan tentang kehidupan.

Banyak mungkin yg mencoba melakukan kegiatan yang “bernuansa Montessori” namun pada hakikatnya tidak sedang membangun apa yg menjadi tujuan yg terkoneksi dengan filosofi Montessori.

Dan itulah sebabnya Jejak Jemari Institute menginginkan para peserta Training mengikuti dengan seksama materi pondasi dari training ini. Sehingga kita sebagai direktris atau guru Montessori dapat melakukan segala hal dgn tepat dan benar serta dengan pemahaman yg utuh.

 

Observasi

Observasi atau kegiatan pengamatan adalah salah satu dari tugas inti seorang direktris atau guru didalam Metode Montessori.

Pengamatan yang dilakukan berguna bagi direktris untuk memberikan perhatian lebih kepada anak, utamanya dalam melihat respon anak atas stimuli atau rangsangan yg diberikan.

Direktris hendaknya memiliki Catatan yg dibukukan. Mencatat setiap perkembangan siswa nya setiap hari. Mencintai anak dan pendidikan membutuhkan keseriusan. Dengan melakukan berjam jam pengamatan dan membukukan setiap aktivitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *