Empat Unsur Penting Dalam Membangun Sekolah Yang Visioner

Empat Unsur Penting Dalam Membangun Sekolah Yang Visioner

Irsan Husain

Direktur Jejak Jemari Institute

Lembaga Training Dan Manajemen Sekolah

 

Visioner dalam bahasa (etimologi) berarti kemampuan melihat ke depan, melebih penglihatan orang lain. Jadi sekolah yang visioner adalah sebuah lembaga pendidikan yang dapat melihat lebih jauh dan lebih terdepan dari sekolah yang lain mengenai arah pengembangannya.

Hari ini sekolah bertumbuh bak jamur dimusim hujan. Siapapun dapat mendirikan sekolah. Baik formal maupun non formal. Namun sayangnya, dari pertumbuhan yang cukup masif tersebut banyak juga sekolah tidak menemukan cara atau jalan untuk dapat mengembangkan dirinya agar bisa bertumbuh dan maju.

Sekolah yg dikelola dengan manajemen alakadarnya, tanpa ilmu yang luas akan menemui labirin aktivitas yang menjemukan dan akhirnya menemukan kelelahan dalam mengembangkan dirinya.

Apa yang harus dimiliki sekolah agar dapat bertumbuh dengan sehat? Jika hadir pertanyaan seperti ini dikepala pemili sekolah, yayasan atau pimpinan inti sebuah sekolah, maka sebenarnya sekolah memiliki bibit visioner di dalamnya. Tinggal bagaimana menjawab tantangan itu, dalam mekna mengeksekusi nya dengan benar.

Ada empat faktor penting dalam membangun sekolah yang visioner. Pertama sekolah harus memiliki seseorang atau beberapa orang yang memiliki pandangan luas berkenaan dengan banyak cabang ilmu, memiliki semangat yang tinggi dalam keinginan nya mengembangkan sekolah sebagai lembaga pendidikan. Mengapa sekolah harus memiliki hal ini? Sekolah bertumbuh dan sehat memiliki seorang atau lebih yang berpikir ideologis.

Berpikir ideologis maka akan tumbuh motivasi untuk berkembang. Akan tumbuh kreativitas, efektifitas. Akan tumbuh pelayanan yang paripurna, memiliki misi kepuasan hasil. Sekolah akan bertumbuh secara luar biasa, sulit untuk dibendung dan ditandingi. Ide-ide cerdas akan bermunculan.

Kedua, sekolah memiliki manajemen yang baik. Kunci berikutnya setelah memiliki orang-orang yang ideologis adalah dapat diramu dalam kerja tim, yakni sebuah manajemen yang baik. Ciri manajemen sekolah yang baik adalah sekolah memiliki sistem. Semua tertuang dalam SOP, perjanjian dan aturan, terukur dan dapat dievaluasi. Tahukah anda bahwa SOP sebuah perusahaan berbeda dengan SOP Sekolah? Artinya sebelum sekolah berjalan para pimpinan sekolah sudah memilliki gambaran bagaimana sebenarnya sekolah yang baik dalam benak mereka.

Ketiga, sekolah memiliki pengetahuan menganai bisnis. Sekolah yang para pimpinan nya memiliki pengetahuan akan bisnis terlihat berbeda cara pengelolaan sekolahnya dengan mereka yang tidak memiliki akan pandangan bisnis. Cara mengelola sekolah nya sangat berbeda. Tetapi tentunya bisnis disini bukan seperti bisnis kebanyakan. Memahami perangkat bisnis seperti marketing, teknik digital marketing, memahami bisnis model dan pengembangannya,

Keempat, sekolah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas akan metode dan sistem pendidikan berkarakter. Sekolah wajib mengetahui perkembangan metode dan sistem pendidikan sehingga mereka mampu menentukan metode apa yang tepat untuk diterapkan pada sekolah nya.

Keempat hal ini wajib dimiliki secara keseluruhan, jika berharap sekolah bertumbuh dan menjadi sekolah yang visioner. Tanpa keempat faktor ini sekolah menemui kendala yang bisa dikatakan cukup krusial, mengalami stagnasi tidak bergerak mengarah ke kemajuan.

 

Info Training dan Pelatihan : 0812 1930 8766 (Tlp/WA)

Leave a Reply