Anak Kecanduan Gadget, Sekolah Menghadapi Masalah Yang Sama

Anak Kecanduan Gadget, Sekolah Menghadapi Masalah Yang Sama

Para pengajar dan sekolah  semakin khawatir dengan gadget berlebihan pada anak usia dini, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari kecanduan hingga penyakit gangguan perhatian (ADD).

Sejumlah negara telah melakukan upaya pencegahan kecanduan gadget  pada anak, seperti Perancis yang mendesak orang tua untuk melarang anak-anak berusia di bawah 3 tahun menonton TV. Begitupun dokter anak Amerika juga mendukung larangan untuk memberikan tontonan layar sampai minimal usia 18 bulan.

Kurang tidur dan bermain gadget bagi anak-anak ternyata menimbulkan dampak yang cukup berbahaya karena bisa mengurangi kemampuan kognitif mereka seperti kemampuan berbicara, memeperpendek waktu fokus anak, daya ingat dan daya pikir atau nalar nya.

Sekolah menghadapi masalah yang sama. Hasil survey dari Jejak Jemari Insitute pun menemukan hal yang demikian dihadapi oleh banyak guru atau sekolah. “Utamanya dalam tiga tahun terakhir ini” jelas Ibu Dian Indah Setywati Kepala Sekolah Sabilal Qur’an kepada Jejak Jemari Insitute.

“Kesulitan anak untuk bisa fokus hari ini seperti jamak ditemui di banyak sekolah, sebagia besar penyebabnya adalah kecanduan anak pada Gadget. Dan kita harus peduli terhadap hal ini. Banyak hal yang harus dilakukan oleh pihak sekolah, utamanya harus bekerjasama dengan orangtua siswa untuk memperhatikan waktu anak dan Gadget.” Jelas Bunda Arum dari Jejak Jemari Insitute.

“Sekolah harus mengkhususkan waktu untuk memperhatikan karakter anak, meng observasinya dan berusaha untuk mencari jalan keluar dari segala permasalahan yang ditemui oleh guru dan sekolah di kelas”. Tambah Bunda Arum.

Kita menghadapi permasalahan yang sama, maka oleh sebab itu pemerintah, sekolah dan orangtua  seharusnya bahu membahu untuk memecahkan masalah ini. Sekolah harus menjadi fasilitas dalam menyampaikan masalah ini. Duduk bersama ortangtua untuk mengantisipasi kerusakan yang mungkin akan lebih berbahaya dikemudian hari.

Untuk Informasi dan Pengaduan :

Jejak Jemari Institute 0813 1569 5255(WA/Tlp)

Untuk Training dan Parenting silahkan hubungi 0813 1930 8766 (WA)

Leave a Reply